Sabtu, 04 Februari 2012

Eksis Dengan Internet (Eksis Dan Positif)

         Melihat realitas saat ini. Kebutuhan internet menjadi kebutuhan utama sebagian besar masyarakat dari anak-anak sampai dewasa. Tujuan peggunaan internet sekarang ini sudah sangat variatif dari demi memenuhi kebutuhan pekerjaanya, Untuk menujang pendidikannya, untuk berjualan, untuk hiburan, untuk memmenuhi informasi dari luar (News) bahkan sampai bersosialisasi dengan orang lain. Saat ini internet bisa memberikan pengalaman dunia maya  yang sangat menakjubkan dari meraup pundi-pundi uang sampai mencari teman. 

Sebagian ada yang sangat tergila-gila dengan dunia internet dari bangun tidur sampai mau tidur lagi mereka tak pernah putus dengan internet. Sudah bisa ditebak pasti ini adalah sekelompok orang yang sangat hobi bersosial media. Dalam beberapa tahun ini memang sangat trend penggunaan Sosial media dari Plurk,Koprol,Twitter, Myspace, Facebook dan lain-lainya. Bahkan sebagian besar orang-orang dan corporate memanfaatkan peluang emas ini untuk menjadikannya media marketing usahanya ataupun untuk memanfaatkan untuk menjaring konsumen. Tidak bisa kita pungkiri keberhasilan sosial media dalam meningkatkan pemasaran perusahaanya. Di indonesia pemasaran yang paling banyak dilakukan adalah melalui Facebook dan Twitter karena  tinggkat penggunanya sangat banyak dan populer di indonesia. Dan hebatnya ternyata penggunaan internet paling banyak digunakan melalui layanan internet mobile yang ada di gadget mereka.  Menurut Riset Netizaen 2011 oleh Markplus Penetrasi mobile Internet di Indonesia saat ini sebesar 57 persen. Dari segi jumlah populasi, data dari MarkPlus Insight mengatakan bahwa saat ini ada 29 juta mobile Internet user di Indonesia. Dengan maraknya gadget baru yang berkembang dan ditunjang pula oleh semakin terjangkaunya harga paket mobile Internet yang ditawarkan oleh operator seluler, angka ini meningkat sebesar hampir 100 persen dari tahun sebelumnya yaitu 16 juta orang.

Melihat kondisi diatas dampak internetpun sangat terasa sekarang karena internet bisa dinikmati siapa saja. Pergeseran kebudayaan dan kebiasaan kita sehari-hari semakin terlihat dari hari ke hari terutama dalam memanfaatkan Sosial media dalam kehidupan sosial. Internet memang wajib  kita soroti karena pengaruhnya sangat besar ke masyarakat modern sekarang.



Berikut ini adalah pengaruh sosial media terhadap perkembangan kebudayaan kita. 

1. 'Kekuatan Mulut' beralih menjadi 'Kekuatan Status'.
    Hanya karena bikin status banyak hal yang bisa terjadi sekarang  dari dapet pacar, dapet tawaran    pekerjaan, dapat sahabat, bahkan sampai dapat musuh. Kekuatan status pun semakin banyak digunakan  untuk banyak hal dari urusan asmara,politik,keungan dan hanya sekedar mencurahkan perasaanya. salah       satu contohnya adalah seperti yang satu  ini.
    
       "" Sseorang rapper Lil Wayne yang berhasil memecahkan Rekor Dunia Guinness dengan mendapatkan Likes   terbanyak didunia  dalam waktu 24 jam "  
     

    ""   Timontius Pangestu seorang remaja yang  mencari cinta di Facebook.  Timontius merekam  ceritanya  tersebut kedalam video berseri yang ia upload ke Youtube, proses pencarianya didokumnetasikan  engan baik dalam videonya      ""
         Cek Dimari : 
    
2. 'Memeras Keringat Untuk Uang' beralih menjadi 'Memeras    
    internet untuk uang'.
          Fenomena ini beberapa tahun terakhir ini telah jadi sangat menarik. Banyak orang memanfaatkan fenomena ini untuk dijadikan profesi ataupun mata pencarian hidupnya. Bila anda pernah mendengar sekelompok orang yang dibayar untuk update status saja. Apa yang anda dengar tidak salah. Jadi sekarang ada beberapa orang yang dibayar untuk membuat status perusahaan dan mereka biasanya memegang akun lebih dari satu perusahan. Dan ini semua bisa dikerjakan dimana saja. (Gunakan Teknologi Mobile dan Pakai layanan Axis). Tidak hanya itu masih banyak profesi yang bisa anda temukan di internet. 

3. 'Diary Buku' beralih menjadi 'Diary Status'
     Melihat fenomena ini sudah tidak asing lagi bagi kita,,, banyak para remaja sekarang yang sangat suka dengan menuliskan apa saja yang mereka lakukan dalam satu hari tersebut dan bahkan sedang apa mereka sekarng. Mereka pasti masih menyempatkan untuk menulis sedang apa, dimana dan dengan siapa mereka saat ini. Tidak hanya itu layanan internet ini juga memberikan nilai tambah yaitu pada saat itu mereka juga bisa berbagi gambar-gambar kegiatan mereka... Bisa dibilang sebenarnya yang dilakukan mereka adalah seperti menulis diary. walau kadang mereka tidak menyadarinya. Jangan Sebut Eksis kalo jarang nongol di internet..Itulah perkaataan beberapa orang remaja saat ini. 




                 
4. 'Handphone hanya untuk SMS dan Telp' beralih menjadi 'Handphone untuk SMS,TELP,Internet'.
    Melihat fenomena sekarang ini masyarakat kita tidak lagi membutuhkan handphone yang hanya bisa telp dan sms saja. Fenomena ini begitu sangat terlihat sekaarng banyak masyarakat yang membutuhkan layanan internet di handphone mereka. Hal ini juga ditujukan oleh Vendor-vendor perusahan pembuat gadget teruatma handphone yang berlomba-lomba untuk membuat Gadget dengan layanan intenet terbaik dan service terbaik. tidak hanya itu sekarang begitu banyak sistem operasi handphone yang bermuculan,, seperti android, OS mac, dan OS Black Berry.. Tapi ada satu lagi yang tidak mau ketinggalan dengan fenomena ini yaitu Internet service provider yang terus berlomba-lomba memberikan layanan internet.. Salah satunya Axis kalau saya perbadingan tarif layanan internet Axis adalah yang paling sesuai dengan kantong mahasiswa atau anak muda sekarang. karena tarifnya sangat terjangkau.
Dulu handphone modelnye seperti ini.. tapi sekaarng lihat lah....



5. 'Internet=Kabel' beralih menjadi 'Internet=Sinyal'.
     Fenomena ini adalah fenomena yang sangat populer saati ini bagaiamana tidak sekrang komputer rumah semakin tidak populer.. karena semakin murahnya dan mudahnya untuk mempunyai sebuah laptop. Kalau jaman dulu orang mau mendapatkan koneksi internet  harus tarik kabel dan menuggu lama untuk instalasi agar tersedia jaringan internet dirumah kita. Tapi sekarang kita tak perlu susah untuk mendapatkan koneksi internet. Kita hanya perlu 5 menit untuk konfigurasi tanpa perlu membeli perangkat-perangkat yang menyulitkan. Sekarang sudah banyak tersedia modem yang bisa kita bawa-bawa kemana saja tanpa harus repot.  Cukup pasang modem kekomputer kita...Ohh yah kurang satu kita butuh ISP.. Jangan Lupa pakai Axis yah..


6.  'Rahasia Yang tabu' Beralih menjadi 'Rahasia yang umum'. 
Adanya internet ini kadang melewati kebatasan kewajaran masyarakat. Hal-hal yang seharunya menjadi rahasia pribadi seseorang begitu mudah dijadikan konsumsi publik. Dan bahkan rahasia yang sudah dikunci dengan rapatpun bisa terkuak di internet. Wahh internet memang bisa mengalahkan para dukun-dukun dan paranormal .Sepanjang tahun ini saja sudah banyak fenomena yang mengehebohkan yang terkuak dan tersebar dengan cepat di internet.
    

7. 'Ekspresi Jiwa Bukan Sekedar Milik Sendiri' Beralih Menjadi 'Milik Semua'.
    Sekarang banyak sekali anak muda yang sering sekali mengexpreesikan semua perasaanya kepada khalayak ramai. Karena mereka sudah tidak merasa bahwa apa yang dirasakan mereka adalah sesuatu yang yang bisa dibagikan baik rasa bahagia ataupun rasa senang,, Mungkin karena mereka mengangap bahwa tidak ada salahnya orang lain juga tahu apa yang mereka rasakan,, tapi kadang masalah malah muncul karena sebagian orang terlalu berlebihan dalam mengexpresikannya ketika dia sudah memaki atau menyinggung orang lain.

8. 'Demo Fisik' Beralih menjadi 'Demo internet'
    Zaman dulu kekuatan demo adalah senjata paling ampuh untuk melakukan protes terhadap pemerintah ataupun instanansi tertentu. Tapi dalam beberapa tahun terakhir Demo tidak lagi dilakukan secara fisik kita datang kehalaman tempat yang akan kita demo. Sekarang pemuda-pemudi kita berdemo dengan membuat suatu forum massal dimana didalamnya tedapat ribuan bahkan jutaan pengguna  yang menolak sesuatu kebijakan ataupun menenentang . Masih kita ingat gerakan yang ada di facebook tahun lalu. Gerakan untuk prita, Gerakan untuk ketua KPK bibit, Gerakan Tolak yang lainya. bahkan gerakan untuk menolak beberapa  artis yang terlibat masalah skandal. dan itu tidak terjadi di facebook saja melainkan terjadi juga di twitter. Internet itu bisa apa saja sepertinya..


9.'Kecepatan Berita Bukan jadi Milik TV/Radio/Newspaper'     Beralih menjadi 'Kecepatan berita Jadi milik Sosial Media juga'.
     Fenomena ini adalah fenomena yang sangat sering kita lihat akhir-akhir ini. Berita paling banyak tersebar adalah dari Sosial media. Kenapa ? Karena informasi di sosial media sangat cepat menyebar dari pada media lain. hal ini wajar karena satu orang broadcast maka beberapa orang bisa langsung memeruskanya secara terus menerus otomatis informasi sudah tersebar begitu saja. Banyak berita pun diketahui dari sosial media baru setelah itu  televisi atau koran atau bahkan situs portal berita mulai mengulasnya. Karena biasanya report informasi langsung didapat dari orang-orang yang berada disekitar lokasi.


10. 'Jadi Artis Audisi Dulu' beralih menjadi 'Jadi artis eksis dulu di internet'.
    Kalau dulu untuk bisa menjadi artis kita butuh ikut audsi dan memamg harus punya bakat yang baik. tahapan - tahapan yang sangat menyusahkah harus dikuti dan dijalani untuk menjadi superstars. untuk menjadi artis yang besar pun butuh waktu lama dan panjang, tapi dijaman sekarang hal itu bisa dilakukan oleh bebebapa  orang.. hanya dengan modal eksis di internet dan dengan kemampuan seadanya,, mereka bisa sangat populer dalam waktu yang singkat. Kita lihat beberap artis yang sukses masuk dunia hiburan Seperti  Sinta And Jojo, Norman Kamaru, Udin Sedunia, Justin beiber, maddi Jane dan beberapa artis yang lainya. yang karirnya dimulai dari internet. Kalou mau jadi artis Gunakan AXIS............
 
 

11. 'Hukuman tidak hanya di  Penjara' beralih menjadi 'Hukuman juga terjadi di Internet' 
        Era teknologi begini hati-hati lah kalau melakukan kejahatan tidak hanya penjara yang menanti,, siap-siap banyak pengguna internet yang akan menghujat anda. pada tahun 2011 kemarin begitu banyak public figure atau orang-orang yang dihujat karena kesalahan apa yang mereka lakukan tidak pantas. Hukuman dijaman sekarang bukan sekedar hukuman fisik tapi anda juga bisa dihukum oleh internet, memang secara tidak langsung tidak akan merasa sakit, tapi bagaimana mental anda, nama anda disebut orang dengan predikat buruk pastinya akan sangat menyakitkan.  Di awal 2012 kemarin sebagai contoh Tragedi Xenia diJakarta si pelaku begitu sangat dihujat didunia internet bahkan beberapa orang membuat grup atau membuat halaman yang digunakan untuk menolak si pelaku. Jadi apa lagi yang tidak bisa dilakukan di dunia internet????


Dan Banyak lagi yang terjadi sekarang ini.. yang perlu jadi bahan perenungan adalah ambil semua dampak positif yang ada di internet. Atau internet yang akan merubah perlaku kita menjadi negatif. Jadi tetap eksis dan Positif dalam berinternet.  Banyak manfaat dari internet dari pada keburukannya.
    Maka bijaklah dengan internet anda dan jangan lupa bijaklah dalam memilih Internet Service provider anda. Gunakanlah  internet murah merakyat  dan kualitas memuaskan ....AXIS GSM yang baik ..
Info lengkap Axis Cek dimari : http://duniaaxis.co.id



18 komentar:

Selamat ya, dapet juara II. Keren!!! :-)

wuiihh...selamat yaaa sudah jadi jura ke II di lomba eksis nya Axis...

Selamat...selamat... udah menjadi juara II, mantabbb... Tetap semangat yach... :-)

Selamat ya, dapat juara 2 lomba blognya AXIS :)

Kereeeen dapat juara II. Selamat ya, Sob. :)

Terima Kasih untuk semuanya...... :)

Selamat ya, Sobat dapat juara II.

wah keren dapet juara dua nih,, saya bisa belajar ngeblog dari sini juga,,.. inspiratif!!

Selamat ya!! ^^

BTW, Salam kenal..

ayeekkkk....dapet juara II, selamat ya....salam kenal#

Selamat ya, telah menjadi Juara II.
Salam kenal, dan sukses selalu.

keren, selamat yaaa menjadi salah satu yg terbaik :))

selamat yaaaa bagus juga uey....

Juara 2 ya, asikk tuh hadiahnya..
Postingnya lucu dan bermanfaat :)

selamat yah, gak heran ane kalah telak. Artikelnya Oke

Wahh... selamat udah menang sob :D

wah sadis bener artikel nya,...kerenz kakak,...Like this

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More